Lagi, Chikungunya Menyerang Warga Perumahan Taman Kirana Surya ? - Pustaka Pelangi Pasanggrahan

Space Iklan

test banner

Breaking News

Post Top Ad

test banner

Post Top Ad

test banner

08 July 2020

Lagi, Chikungunya Menyerang Warga Perumahan Taman Kirana Surya ?

Foto : Tim Puskesmas Cikuya Beri Arahan dan Penyuluhan

Pustaka Pelangi News – Lagi dan lagi ditemukan kasus baru di  Desa Pasanggrahan Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang yang berlokasi di Perumahan Taman Kirana Surya RT 09 RW 12.

Terkait hal tersebut dan merespon atas laporan warga, Tim Puskesmas Cikuya menurunkan timnya untuk meninjau langsung dan melakukan arahan dan memberikan penyuluhan kepada warga khususnya di lingkungan yang terkena Virus Chikungunya.

Apa sih sebenar Chikungunya ?

Chikungunya adalah infeksi virus yang ditandai dengan serangan demam dan nyeri sendi secara mendadak. Virus ini menyerang dan menulari manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti atau Aedes albopictus, dua jenis nyamuk yang juga dikenal sebagai penyebab demam berdarah.

Nyamuk tersebut mendapatkan virus chikungunya saat menggigit seseorang yang telah terinfeksi sebelumnya. Penularan virus terjadi bila orang lain digigit oleh nyamuk pembawa virus tadi. Perlu diketahui bahwa virus chikungunya tidak menyebar secara langsung dari orang ke orang. ( Di kutip dari laman alodokter.com )

Foto : Inpeksi Tim Puskesmas Cikuya dan PKK Desa Pasanggrahan

Baca Juga :

Dalam peninjauan dan arahan tersebut Tim Puskesmas Cikuya di dampingi Tim PKK Pokja IV yaitu Lasi Lestari dan di dampingi juga Hartanti Selaku Ketua RT 09,  RW12 Juhariyah serta ketua kader posyandu Kirana V yaitu Caswati melakukan pengecekan langsung ke rumah pasien dan melaksanakan Penelitian Epidemiologi (PE).

Pemeriksaan jentik nyamuk di rumah warga secara acak dan dilakukan oleh pemilik rumah sendiri atas arahan dan bimbingan dari petugas Puskesmas sesuai protokol kesehatan yang berlaku di masa Pandemi Covid 19 ini.

Dari hasil PE hari ini, nantinya akan ada kegiatan foging fokus yang terlebih dahulu akan diadakan penyuluhan dan sosialisasi di lingkungan warga tersebut dan tentunya Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS ) utamanya dan Pemberantasan Sarang Nyamuk ( PSN ).

Cara yang utama adalah melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) yaitu dengan tindakan 3M meliputi:

- Menutup rapat tempat penyimpanan air.
- Menguras tempat penampungan air.
- Mengubur barang bekas yang bisa menampung air.

Dalam kunjungan tersebut  Tim Dokter Puskesmas yaitu Dokter Taupiq dan Abdurahman di dampingi Tim PKK Pokja IV yaitu Lasi Lestari dan di dampingi juga Hartanti Selaku Ketua RT 09,  RW 12 Juhariyah  serta ketua kader posyandu Kirana V yaitu Caswati.

Dalam kunjungan rumah tersebut dan juga disampaikan penyuluhan secara singkat tentang penyakit Cikungunya kepada Warga.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad