Perusahaan OneWeb yang berbasis di London, Tangguhkan Peluncuran Satelitnya - Pustaka Pelangi Pasanggrahan

Space Iklan

test banner

Breaking News

Post Top Ad

test banner

Post Top Ad

test banner

05 March 2022

Perusahaan OneWeb yang berbasis di London, Tangguhkan Peluncuran Satelitnya

OneWeb yang berbasis di London mengumumkan mereka menangguhkan peluncuran satelinya dari Baikonur Cosmodrome yang dikelola Rusia di Kazakhstan.

News - Kemitraan antariksa yang telah berlangsung antara Rusia dan Barat mungkin akan berakhir. Kerja sama ini menjadi korban lain dari invasi Ukraina yang dilakukan Rusia.


Pada Kamis pagi, perusahaan OneWeb yang berbasis di London mengumumkan mereka menangguhkan peluncuran satelinya dari Baikonur Cosmodrome yang dikelola Rusia di Kazakhstan.


Keputusan diambil usai badan antariksa federal Rusia, Roscosmos, mengumumkan tidak akan meluncurkan 36 satelit internet OneWeb seperti yang direncanakan pada 4 Maret, kecuali OneWeb menjamin pesawat itu tidak akan digunakan tujuan militer dan pemerintah Inggris setuju untuk melepaskan diri.


Roscosmos juga telah menghentikan peluncuran roket Soyuz buatan Rusia dari Spaceport Eropa di Kourou, Guyana Prancis. Dan kepala Roscosmos Dimitry Rogozin mengumumkan Jumat agensinya tidak akan lagi menjual mesin roket ke perusahaan Amerika Serikat.


"Biarkan mereka terbang dengan sesuatu yang lain, sapu mereka," katanya sebagaimana dikutip dari Space.


Rogozin juga mempertanyakan partisipasi Rusia dalam program International Space Station (ISS), yang telah lama dianggap sebagai simbol kerja sama melalui masa-masa sulit di Bumi.


Baca Juga : 10 Model hp Terbaru 2022


Tak lama setelah Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari, Presiden AS Joe Biden mengumumkan pengenaan sanksi ekonomi baru yang akan menurunkan program luar angkasa Rusia, di antara sektor lainnya.


Rogozin memperingatkan sanksi akan memiliki konsekuensi yang mengerikan bagi laboratorium yang mengorbit. "Apakah Anda ingin menghancurkan kerja sama kita di ISS?" kepala Roscosmos tweeted pada 24 Februari.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad