Makanan Unik Khas Jawa Barat yang perlu anda ketahui - Pustaka Pelangi Pasanggrahan

Space Iklan

test banner

Breaking News

Post Top Ad

test banner

Post Top Ad

test banner

17 December 2023

Makanan Unik Khas Jawa Barat yang perlu anda ketahui

Makanan Khas Jawa Barat


Makanan Khas Jawa Barat - Jawa Barat provinsi yang terletak di bagian barat Pulau Jawa, Indonesia, memiliki keanekaragaman kuliner yang kaya dan unik. Berikut adalah beberapa makanan khas Jawa Barat yang patut dicoba:

Nasi Liwet:

Nasi Liwet


Nasi liwet adalah hidangan nasi yang dimasak dengan santan, daun salam, serai, dan bumbu khas Sunda. Biasanya disajikan dengan lauk seperti ayam goreng, tahu, tempe, dan sambal.

Batagor:

Batagor


Singkatan dari Bakso Tahu Goreng, batagor adalah hidangan yang terdiri dari bola daging (bakso) yang digoreng bersama dengan tahu. Disajikan dengan saus kacang dan kecap, serta dicampur dengan bawang goreng dan seledri.

Soto Bandung:

Salah satu Soto Bandung


Soto adalah sup khas Indonesia, dan varian Soto Bandung memiliki kuah berwarna merah kecoklatan karena menggunakan kacang kedelai sebagai bahan utama. Daging sapi, kentang, tomat, dan daun bawang juga menjadi bagian dari hidangan ini.

Surabi:

Surabi khas Jawa Barat


Surabi adalah jajanan kue dadar yang terbuat dari adonan beras dan kelapa parut. Terdapat dua jenis surabi: surabi manis yang berisi kelapa parut dan gula kelapa, serta surabi asin yang berisi abon atau kelapa parut bersantan.

Sayur Asem:

Sayur Asam 


Sayur Asem adalah sayur bening yang menggunakan tamarindus (asam jawa) sebagai bumbu utama. Sayuran yang biasanya digunakan antara lain kacang panjang, jagung muda, melinjo, labu siam, dan daun melinjo.

Karedok:

Karedok


Karedok adalah ensalad mentah khas Sunda yang terbuat dari sayuran mentah seperti kacang panjang, tauge, kol, daun kemangi, dan terong. Disajikan dengan bumbu kacang yang kaya rasa.

Pisang Molen:

Pisang Molen Jawa Barat


Pisang Molen adalah camilan yang terbuat dari pisang yang dibungkus dengan kulit lumpia dan digoreng. Isiannya bisa berupa cokelat, keju, atau selai pisang.

Cireng:

Cireng Khas Jawa Barat


Cireng adalah singkatan dari aci goreng, yakni tepung kanji yang digoreng. Cireng disajikan dengan berbagai pilihan saus, seperti saus kacang, saus pedas, atau saus keju.

Makanan-makanan ini mencerminkan kekayaan rasa dan tradisi kuliner di Jawa Barat. Pastikan untuk mencoba variasi hidangan lokal ini jika Anda berkesempatan mengunjungi daerah ini.


No comments:

Post a Comment

Post Top Ad