Puskesmas Cikuya dan PKK Desa Pasanggrahan Sosialisasikan Terkait DBD dan Chikungunya? - Pustaka Pelangi Pasanggrahan

Space Iklan

test banner

Breaking News

Post Top Ad

test banner

Post Top Ad

test banner

11 July 2020

Puskesmas Cikuya dan PKK Desa Pasanggrahan Sosialisasikan Terkait DBD dan Chikungunya?

Tim Puskesmas Cikuya dan warga Rw 12 Kirana Surya, Sabtu 11/07/2020


Pustaka Pelangi News - Menindaklanjuti 
kunjungan pada tanggal 08/07/2020 Tim Puskesmas Cikuya bersama PKK Pokja IV Desa Pasanggrahan Lasi Lestari, adakan Sosialisasi ke warga Taman Kirana Surya  RW 12 Desa Pasanggrahan Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang mengenai demam berdarah dan Chikunguya.

Pada Sosialisaai tersebut di bahas secara terperinci apa itu Penyakit Demam Berdarah dan chikungunya, dari mana asalnya, gejala - gejalanya  apa dan bagaimana cara pencegahan.

Masyarakat tidak perlu panik tetap aktif untuk melaporakan atau berobat ke Puskesmas apabila ada terindikasi masyarakat terkena demam berdarah dan Chikungunya. Ucap Dokter Taufiq kepada Tim Pustaka Pelangi News.

Dokter Taufiq memaparkan juga : Intinya bahwa kasus Demam Berdarah dan Chikungunya adalah penyakit yang berbasis lingkungan yaitu penyakit yang memang tanggung jawabnya kita bersama, bukan hanya tanggung jawab pengurus Desa, RT, RW maupun Puskesmas saja tapi juga kita bersama - sama menjaga kebersihan rumah terutama pemantauan setiap minggunya dari jentik nyamuk.

Tim Puskesmaa Saat pemaparan Ke warga 11/07/2020


Jadi jangan sampai lengah untuk tidak memantau jentik nyamuk di rumah masing -masing, memang di bulan bulan ini, ada peningkatan kasus baik demam berdarah maupun chikungunya. 

Dengan adanya sosialisasi ini dia berharap masyarakat mendapatkan ilmu yang bisa dipraktekan di rumah masing-masing mengenai penyakit DBD dan chikungunya.

Adapun Langkah kedepannya menurut dia
Tim Puskesmas akan tetap memantau untuk setiap laporan ada kasus lagi dan memberikan arahan lagi dengan diadakan kerja bakti di lingkungan yang terindikasi ada kasus tersebut.

Senada dengan Abdurahman : untuk penanganannya adalah dengan pemberantasan sarang nyamuk, kesadaran individu masing - masing dan keluarga. Jelasnya.

Di tempat yang sama Juhariyah selaku RW 12 Desa Pasanggrahan : Alhamdulillah dengan adanya sosialisasi dari Tim Puskesmas, Warga masyarakat maupun RT bisa faham dan bisa menyampaikan lagi ke lingkungannya mengenai kebersihan dan apa itu chikungunya dan dari tim Puskesmaspun cukup cepat tanggap apa bila ada laporan dari warganya.

Harapan kedepannya semoga dengan sosialisasi ini bisa menjaga kebersihan, mengerti, faham tentang gejala-gejalanya  apa itu deman berdarah maupun chikungunya dan warga langsung tanggap dan cepat berobat. Tutur Juhariyah.



Dalam Kesempatan yang sama Ketua RT 09 RW 12 Tri Widianto mengucapkan banyak - banyak terima kasih atas sosialisasi dan pengecekan kewarganya minggu kemarin yang  empat warga yang terindikasi Chikungunya dan berharap apa yang telah diarahkan dari tim Puskesmas Cikuya untuk hidup bersih dan terhindar dari demam berdarah dan chikungunya.

Bagus banget dengan adanya sosialisasi mengenai demam berdarah dan chikungunya bisa menambah wawasan dan bisa di realisasikan, dan mudah - mudahan penyakit ini bisa berkurang tidak ada lagi kasus demam berdarah dan chikungunya. Ujar Seni Kader Posyandu RW 12 Taman Kirana Surya.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad