Program Kemendes PDTT di Sosialisasikan di Desa Pasanggrahan - Pustaka Pelangi Pasanggrahan

Space Iklan

test banner

Breaking News

Post Top Ad

test banner

Post Top Ad

test banner

11 April 2021

Program Kemendes PDTT di Sosialisasikan di Desa Pasanggrahan

Bintek pemutakhiran data IDM berbasis SDGs tahun 2021

Pustaka Pelangi News, Solear- Melalui program kementrian desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), desa Pasanggrahan Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang adakan bimbingan teknis dan sosialiasi pelaksanaan kegiatan pemutakhiran data IDM berbasis SDGs tahun 2021 bertempat di Aula Desa Pasanggrahan yang di ikuti oleh Ketua RT/Utusan Perwakilan RT pada minggu, 11/04/2021.


Di kutip dari Tempo.co Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) telah menetapkan arah pembangunan desa hingga tahun 2030 mendatang yang disebut dengan Sustainable Development Goals (SDGs) Desa. Program ini merupakan turunan dari Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.


Apa itu IDM dan SDGs ?

IDM Kepanjangan dari Indek Desa Membangun sedangkan
SDGs Desa merupakan role pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021. Seluruh aspek pembangunan harus dirasakan manfaatnya oleh warga desa tanpa ada yang terlewat (no one left behind) yang mengarah pada 18 tujuan pembangunan berkelanjutan.


Merujuk dari Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor  13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021, setidaknya ada 18 tujuan dan sasaran pembangunan melalui SDGs Desa tersebut, yaitu:

1. Desa tanpa kemiskinan
2. Desa tanpa kelaparan
3. Desa sehat dan sejahtera
4. Pendidikan desa berkualitas
5. Desa berkesetaraan gender
6. Desa layak air bersih dan sanitasi
7. Desa yang berenergi bersih dan terbarukan
8. Pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi desa
9. Inovasi dan infrastruktur desa
10.Desa tanpa kesenjangan
11.Kawasan pemukiman desa berkelanjutan
12.Konsumsi dan produksi desa yang sadar lingkungan
13.Pengendalian dan perubahan iklim oleh desa
14.Ekosistem laut desa
15.Ekosistem daratan desa
16.Desa damai dan berkeadilan
17.Kemitraan untuk pembangunan desa
18.Kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif.

Baca Juga : Sambut Ramadhan Forum RT RW Perumahan Taman Kirana Surya Solear Kerja Bakti Massal

Seperti yang disampaikan oleh pendamping desa yaitu Maman Lukman dalam sesi wawancara dengan Pustakapelanginews.com ia mengatakan tujuan diadakannya bintek IDM berbasis SDGs ini merupakan program kemendes desa, dimana pada saat ini desa atau kementrian desa sulit sekali mendapatkan data yang akurat, maka dengan adanya kegiatan bintek ini bisa mendapatkan data yang akurat karena nanti akan berhubungan dengan status desa, mengenai status desa Pasanggrahan termasuk desa berkembang dengan adanya seperti ini bisa tahu hal-hal apa saja nanti yang ditemukan di lapangan terkait pendataan, misalnya ada warga yang belum memiliki MCK dan yang lainnya maka diharapkan kementrian tahu perkembangan desa sejauh mana karena ini berkaitan dengan dana Desa, masyarakat bisa faham dan bisa sadar bahwa hidup bersih dan sehat itu sangat penting apalagi ada campur tangan pemerintah desa dan masyarakat desa di permudah akses segala sesuatunya.


Pendamping Desa dan Stag Desa Pada saat Sosialisasi pemutakhiran data IDM berbasis SDGs


Sementara Supriyanto sebagai pendamping desa lokal mengatakan agar di desa Pasanggrahan untuk meningkatkan IDM itu bisa lebih maju lagi, dan pendataan IDM berbasis SDGs dimasukan inputan SDGs agar nanti desa Pasanggrahan bisa masuk ke desa maju.

Di tempat yang sama, Yudi Takariyanto yang juga staf Desa Pasanggrahan mengucapkan terima kasih kepada petugas pendataan yang telah ikut bintek pendataan IDM berbasis SDGs pada sesi pertama, Desa akan mendukung sepenuhnya dengan fasilitas yang ada dan mengerahkan sumber daya yang ada demi suksesnya kegiatan bimbingan teknis ini sampai pada pendataan, penginputan dan pelaporan tentunya ini berguna bagi pemerintah desa supaya kita tahu bahwa desa Pasanggrahan masuk statusnya dimana apakah bisa maju, atau lebih dari itu.

Dalam bintek tersebut di bagi kedalam dua sesi di karena terbatasnya ruangan bintek tersebut dan tetap menjaga protokol kesehatan.


1 comment:

  1. Terima kasih sudah berbagi pengetahuan yang menambah wawasan

    Salam literasi,
    walisongo.ac.id

    ReplyDelete

Post Top Ad