Memaknai Hari Lahir Pancasila di Masa Pandemi Covid-19 - Pustaka Pelangi Pasanggrahan

Space Iklan

test banner

Breaking News

Post Top Ad

test banner

Post Top Ad

test banner

01 October 2021

Memaknai Hari Lahir Pancasila di Masa Pandemi Covid-19

   


   
Siti Aisah, Mahasiswi Universitas Pamulang

Salam Pancasila

PustakaPelangiNews.com-Tanggal 1 Juni ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai hari Pancasila yang dituangkan dalam KEPPRES No. 24 tahun 2016. Setelah ditetapkan sebagai Hari Lahirnya Pancasila, hari itupun juga ditetapkan sebagai hari libur nasional. Namun meskipun 1 Juni sudah ditetapkan sebagai hari lahir Pancasila, apakah kita benar-benar sudah faham makna hari Pancasila itu?


Makna Hari Pancasila Tahun 2020

Lantas, apakah makna dari hari Pancasila yang jatuh 1 Juni bagi bangsa Indonesia? Tentu saja bukan esensi hari Pancasila bukan perayaan meriah belaka, melainkan hari dimana sebagai bangsa Indonesia, kita harus senantiasa menjunjung tinggi Pancasila, bukan hanya sekedar dasar negara atau tujuan berbangsa dan bernegara, melainkan juga menjadi Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari.


Pancasila harus senantiasa bisa dipergunakan sebagai jati diri atau identitas bagi bangsa Indonesia.


Pertama, berbicara Pancasila bukan hanya lima sila yang dibacakan dan didengar bersama pada saat upacara bendera, melainkan harus dipraktikkan dalam kehidupan kita sehari-hari.


Melaksanakan dalam kehidupan kita sehari-hari, Pancasila akan tertanam di dalam hati kita masing-masing, tidak hanya sekedar identitas bangsa melainkan juga sebagai identitas dan jati diri kita sebagai bangsa Indonesia.


Baca Juga : 10 Link Twibbon Hari Kesaktian Pancasila


Kedua, cintailah Indonesia beserta Pancasila sebagai dasarnya. Berawal dari rasa cinta terhadap bangsa sendiri, kita akan mengerti betapa pentingnya mengamalkan sila-sila Pancasila di tengah-tengah kehidupan bangsa Indonesia, bahwa Pancasila diciptakan untuk memastikan kelangsungan kehidupan Indonesia. 


Halaman Selanjutnya >> 2

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad