2 Tahun Berdiri, Sederet Prestasi Perpustakaan Pustaka Pelangi Desa Pasanggrahan di Raihnya - Pustaka Pelangi Pasanggrahan

Space Iklan

test banner

Breaking News

Post Top Ad

test banner

Post Top Ad

test banner

04 December 2020

2 Tahun Berdiri, Sederet Prestasi Perpustakaan Pustaka Pelangi Desa Pasanggrahan di Raihnya

Kades Pasanggrahan Madrais, SE saat Menerima Piala Juara 1 Pepustakan Desa Tingkat Provinsi Banten Tahun 2020  
 

 

Pustakpelanginews - Perpustakaan Desa Pustaka Pelangi yang berada di desa Pasanggrahan Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang genap 2 tahun pada tanggal 15 /12/ 2020 Nanti.

Di usianya yang baru dua tahun, namun sejumlah  Prestasi yang di raih patut di banggakan khususnya di Kabupaten Tangerang dan umumnya di Indonesia.

Berikut Prestasi Pustaka Pelangi Desa Pasanggrahan selama dua tahun :

 

Tahun 2020 :

1. Juara 1 Tingkat Provinsi Banten pada kegiatan  pengembangan perpustakaan dan pembudayaan gemar membaca.

2. Juara Harapan II, Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan Tingkat Nasional yang di selenggarakan oleh Perpustajaan Nasional RI

 

Tahun 2019 :

Pada tahun 2019 mendapatkan 4 penghargaan yaitu :

1. Juara 1 Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Desa Se-Kabupaten Tangerang.

2. Perpustakaan Desa TERBAIK PERTAMA dalam Kategori Kegiatan Pelibatan Masyarakat Untuk Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial tingkat Provinsi Banten.

3. Perpustakaan Desa Terbaik dalam Kategori Kegiatan Advokasi untuk Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial di Provinsi Banten.

4. Perpustakaan Desa Terbaik Dalam Implementasi Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Tingkat Nasional.

 

Sekilas tentang Perpustakaan Pustaka Pelangi Desa Pasanggrahan

 

Berawal dari sebuah keinginan untuk meningkatkan kemampuan literasi masyarakat desa menuju pendidikan sepanjang hayat khususnya warga desa Pasanggrahan kecamatan Solear Kabupaten Tangerang Provinsi Banten, maka pemerintah desa membentuk perpustakaan desa yang di beri nama Pustaka Pelangi pada tangal 15 Desember 2018.

Dalam perkembangannya, Pustaka Pelangi telah memiliki banyak kegiatan yang bertujuan untuk mencerdaskan dan menambah wawasan serta mensejahterakan tarap hidup menuju terciptanya desa literasi.

Pustaka pelangi di bangun dengan luas gedung  131 M2 dengan luas tanah 161 M2. Perpustakan Pustaka Pelangi didirikan berdasarkan peraturan desa no. 15 tahun 2018 tentang pembentukan perpustakaan desa Pasanggrahan. Surat keputusan kepala desa no. 16 tahun 2018 tentang pengelola perpustakaan desa, dengan Visi dan misi sebagai berikut :

Visi :

Terwujudnya Perpustakaan Desa yang Simpatik Sebagai sumber informasi, belajar, Inovatif dan rekreatif.

Misi :

1. Menyediakan bahan Informasi Cetak maupun non cetak  dengan tata ruang Perpustakaan yang nyaman
2. Meningkatkan budaya gemar membaca dan menulis
3. Meningkatkan atmosfer perpustakaan yang menyenangkan
4. Meningkatkan kualitas SDM pengelola perpustakaan
5. Memberikan Pelayanan yang prima kepada pemustaka
6. Melakukan pelayan informasi berbasis IT
7. Melakukan pengolahan bahan pustaka berbasis IT

Foto : Anak - anak Tengah asik membaca di Perpustakan Desa Pustaka Pelangi

 

Baca Juga : 

 Juara Perpustakaan Tingkat Nasional Perpustakaan Desa/Kelurahan Terbaik Tahun 2020

 

Untuk jam pelayanan perpustakaan Desa Pustaka Pelangi beroperasi dari hari senin hingga hari Jum'at dari pukul 08:00 WIB sampai dengan pukul 16:00 WIB, sedangkan untuk pelayanan di hari sabtu perpustakaan pustaka pelangi beroperasi dari pukul 08:00 sampai dengan pukul 15:00 WIB. Jenis pelayanan yang disediakan antara lain :

1. Pelayanan baca di tempat
2. Pelayanan peminjaman buku
3. Pelayanan Wifi Gratis
4. Pelayan Belajar
5. dan Pelayanan Dewasa

Dengan tetap terus memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku.

Buku-buku yang disediakan oleh perpustakaan Pustaka Pelangi meliputi buku Fiksi sebanyak 2.654 eksemplar sedangkan buku nonfiksi sebanyak 2.552 eksemplar. Jika kita total keseluruhan dari tahun 2018 hingga saat ini (2020) yaitu sebanyak 5.205 eksemplar yang ada di perpustakaan Pustaka Pelangi.

Buku-buku yang ada perpustakaan Pustaka Pelangi disusun rapi berdasarkan Dewey Decimal Classification (DDC) dan dengan dengan ketentuan yang berlaku di perpustakaan Nasional.

Perpustakaan Pustaka Pelangi desa Pasanggrahan kecamatan Solear salah satu desa penerima manfaat program pengembangan perpustakaan umum berbasis inklusi sosial dan merupakan mitra perpustakaan Nasioanal RI dari 300 desa se indonesia, dengan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial, kini perpustakaan Pustaka Pelangi desa Pasanggrahan  menjadi ruang terbuka bagi masyarakat untuk memperoleh semangat baru dan solusi dalam upaya meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan.

Perpustakaan Pustaka Pelangi menjadi ikon keberhasilan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial khususnya di Kabupaten Tangerang dan pada umumnya di Indonesia .

Perpustakaan Pustaka Pelangi terus mengembangkan pelayanannya dengan meningkatkan layanan  informasi melalui koleksi bahan pustaka, komputer dan internet, pelibatan masyarakat, advokasi dan membangun kemitraan untuk keberlanjutan tranformasi perpustakaan dan mengukir prestasi.

Anggaran Perpustakaa Pustaka Pelangi bersumber dari APBDes tahun anggaran 2020 berjumlah Rp.127.233,00 dan sumber lainnya berjumlah Rp. 38.000,00 pada tahun 2020.

Salam Literasi



No comments:

Post a Comment

Post Top Ad