Perpustakaan Masjid Perlu Dukungan dan Pembinaan ? - Pustaka Pelangi Pasanggrahan

Space Iklan Hub Lasi Lestari WA : 0853 1010 8815

test banner

Breaking News

Post Top Ad

test banner

Post Top Ad

test banner

07 March 2021

Perpustakaan Masjid Perlu Dukungan dan Pembinaan ?

 

Pengurus Perpustakan Masjid, Ketua DMI Kec. Solear dan Pengurus Perpustakaan Desa Pustaka Pelangi

Pustaka Pelangi News-Masjid merupakan pusat kegiatan umat yang tidak pernah sepi dari kunjungan jamaahnya. Setidaknya dalam kurun lima waktu solat dalam sehari semalam. Dan diluar kegiatan sholat tersebut, sering kita lihat para jamaah berkumpul untuk melaksanakan kegiatannya seperti pengajian, pertemuan warga atau pertemuan sosial kemasyarakatan lainnya.

Di beberapa masjid dapat kita amati adanya berbagai kegiatan yang terkoordinasi oleh pengurus masjid atau masyarakat yang peduli terhadap kegiatan-kegiatan di masjid, diantaranya,pengajian rutin, ceramah pembinaan umat, pendidikan dalam berbagai bentuk,kegiatan sosial dan keilmuan. Dan tak ketinggalan para remaja mesjid juga mengkordinir kegiatan-kegiatan keagamaan dengan mencerminkan peningkatan pemahaman keagamaan umat.

Masjid tidak hanya dijadikan sebagai sarana penyelenggaraan shalat saja, tetapi juga Masjid memiliki banyak fungsi, yang salah satunya adalah sebagai lembaga pendidikan. Sebagai lembaga pendidikan, masjid tidak bisa dipisahkan dari keberadaan perpustakaan. Perpustakaan masjid adalah salah satu bentuk perpustakaan khusus yang berfungsi melayani kebutuhan intelektual masyarakat di sekitarnya. Dengan keberadaan perpustakaan, maka masjid juga bisa berfungsi sebagai pusat pendidikan, karena lewat perpustakaan para jamaah masjid dan umat Islam umumnya mempelajari tentang pengetahuan agama, senantiasa dapat mengikuti dan menyesuaikan diri terhadap informasi-informasi yang baru secara positif.


Baca Juga : Patut di Contoh, Para Pemuda Kp. Cibogo Bersih-Bersih Mesjid

 

Begitu juga apa yang dilakukan perpustakaan masjid-masjid yang ada di perumahan Taman Adiyasa Desa Cikasungka Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang yaitu perpustakaan masjid Jami Al Mujahidin dan Mesjid Jami Uswatun Hasanan banyak kegiatannya yang perlu kita dukung dan dibina keberadaanya.

Perpustakaan Desa Pustaka Pelangi berkesempatan berkunjung ke ke-2 perpustakaan masjid tersebut bersama ketua Dewan Masjid Indonesia Kecamatan Solear dan koordinator penyuluhan agama islam untuk bersinergi khususnya dalam pengadaan buku-buku koleksi dan berbagai kegiatan-kegitan yang lainnya.

Ustad Tono selaku ketua Dewan Masjid Indonesia Kecamatan Solear dan koordinator penyuluhan agama islam sangat mengapresiasi kepada Pustaka Pelangi yang sudah datang ke perpustakaan masjid Al Mujahidin dan Perpustakaan Masjid Uswatun Hasanah. Ke-2 masjid tersebut sudah memiliki ijin Surat Keterangan Nasional (SKTN) dari Departemen Agama Tiga Raksa Tangerang dan kemasjidan perlu adanya perpustakaan.

"Saya sangat mengapresiasi kepada Pustaka Pelangi yang sudah datang ke perpustakaan masjid Al Mujahidin dan Perpustakaan Masjid Uswatun Hasanah, kami dari ketua Dewan Masjid Indonesia Kecamatan Solear dan koordinator penyuluhan agama islam, alhamdulillah Ke-2 masjid tersebut sudah memiliki ijin Surat Keterangan Nasional (SKTN) dari Departemen Agama Tiga Raksa Tangerang dan kemasjidan perlu adanya perpustakaan, karena disitu banyak buku-buku islami dan buku-buku yang lainnya"Ucapnya, Minggu, 07/03/2021.

Ketua DKM Masjid Jami Almujahidin yang sekaligus ketua perpustakaan masjid yaitu Edy Mulyadi menjelaskan latar belakang terbentuknya perpustakaan masjid Almujahidin memang sudah jadi targetnya untuk generasi muda sebagai cikal bakal generasi penerus, dan di perpustakaan masjid Al Mujahidin juga diajarkan berbagai bidang keilmuan diantaranya bahasa arab, baca tulis kitab kuning, piqih, tauhid dan lain sebagainya.

"Masalah perpustakaan memang sudah jadi targetnya untuk generasi muda sebagai cikal bakal generasi penerus, dan di perpustakaan masjid Al Mujahidin juga diajarkan berbagai bidang keilmuan diantaranya bahasa arab, baca tulis kitab kuning, piqih, tauhid dan lain sebagainya dan itu penting bagi mereka untuk banyak membaca, dan bukan hanya membaca atau belajar agama saja akan tetapi belajar yang lain juga seperti di ajrkan IT, bagaimana cara berbisnis online dan sebagainya" Jelasnya.

Baca Juga : Apa itu PPKM Mikro ? dan Daerah Mana Saja Yang Menerapkannya.

 

Ditempat yang sama ketua remaja Almujahidin M.Ramdhani menuturkan kepada tim pustaka pelangi, peranan remaja membimbing adik-adik untuk gemar membaca dalam giat islami ataupun umum dan membuat anak-anak disekitar lingkungan masjid almujahidin untuk rajin membaca untuk menambah wawasan bagi anak-anak, menjauhi anak-anak dari pergaulan bebas karena usia n-anak yang rentan terpengaruh, maka kita ajak untuk mengisi kegiatan yang positif.

Adapun kegiatan remaja mesjid almujahidin tidak menoton dan berinovasi yang terbarukan diantaranya pelatihan dalam bidang IT, bagaimana cara berbisnis online dan berharap anak-anak remaja untuk gemar membaca karena membaca adalah jendela dunia, dengan membaca kita bisa tahu, tuturnya.


Pengurus Perpustakaan Madjid Jami Uswatun Hasanah, Ketua DMI dan Pengurus Pustaka Pelangi

Sementara ketua DKM yang sekaligus ketua Perpustakaan Uswatun Hasanan Endang Rahmat mengatakan: "Perpustakaan Uswatun Hasanan yang baru di bentuk,ya alhamdulillah sudah memiliki 154 judul buku dan untuk layanan di buka Senin sampai Jum'at pukul 07:00 sampai 17:00 WIB, Sabtu dan minggu pukul 10:00 sampai 17:00 WIB dan hari Jum'at Libur, dan utuk Perpustakaan Uswatun Hasanan sangat membutuhkan buku-buku misalnya buku-buku sejarah islam, dan buku-buku yang lainnya dan kedepannya para remaja akan diikut sertakan atau dilibatkan,"Ujarnya.


Ditempat yang sama ketua RW 05 Desa Cikasungka yang biasa di panggil Selamet mendukung adanya Perpustakaan Uswatun Hasanan yang baru di bentuk semoga para pemuda atau anak-anak gemar membaca dan bisa memakmurkan masjid.

"Dengan adanya perpustakaan masjid ini saya sangat mendukungnya dan semoga para pemuda atau anak-anak gemar membaca dan bisa memakmurkan masjid juga", tuturnya.

  

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad